SLIDER

A "Let's Catch Up"

Saturday 27 July 2024

Hi! Sooo long long time no see (write). I finally come back here setelah... 3 tahun? LOL. Ini longest streak aku gak nulis blog. Kenapa sih emangnya? Hmm, jujurly and to the point, di tahun 2021 aku mengalami masalah kesehatan mental yang aku sendiri gak pernah duga, dan hal itu bikin aku merasa gak bisa lagi nulis. Kenapa gak pernah duga? Karena aku lulusan psikologi haha, aku pikir aku bisa gak kena gangguan mental karena "cukup bekal" tapi ternyata bisa juga, hehe.

Ketika sudah "pulih" pun aku merasa kemampuan otak ku sangat-sangat berkurang. Aku jadi cukup "planga plongo" dan stuck, bahkan aku udah lama banget gak baca buku, karena aku susah nangkep sebuah isi buku. Aku jadi paham kalau gangguan mental itu bukan sekedar "perasaan" tapi penyakit di otak, sama kayak flu atau kanker yang merupakan penyakit di badan. I'm not sure if I will talk about it more later, but let's see. Sejujurnya sudah ada beberapa draft yang kubuat di tahun2 kemarin, tapi aku ga bisa menyelesaikannya karena otakku stuck hehe.

But here I am, don't worry about me hehe. I might have a change in personality if you noticed but I'm still me. Ok?

Perlahan aku mau catch up dulu ya soal banyak hal. Aku mau update sedikit kehidupan, tentang aku dan perkembangan anak-anak, karena seharusnya itu isi blog ini :". Mungkin yang baca ini adalah teman-teman dekatku juga yang mungkin udah tau krn ngikutin aku di sosmed, jadi udah banyak yang tau. Tapi ini tetep pingin aku tulis di sini karena sekarang aku juga super pelupa. Aku gak pingin aja memory-memory kayak gini itu aku lupakan. So bare with me ok :D

1. Afka udah TK

Iya, sekarang TK B. Agak nyesel gak berkesempatan unutk menulis momen dia masuk sekolahnya. Momen aku cari-cari sekolah dan nemenin Afka trial class sampai (kayaknya) ke 5 sekolah deh? Alhamdulillah udah ketemu sekolah yang pas menurut kami dan Afka pun happy. Meski Afka itu lamaaa banget untuk berbaur dan beradaptasi di sekolah, tapi semua udah jauh lebih baik apalgai saat masuk TK B ini. Dia gak nangis sama sekali dong pas kembali ke sekolah?! Padahal saat masuk TK A dia nangis terus sampai capek dan ketiduran. Trus dia sering banget nangis kalau aku jemput terlalu ngepas di jam pulang. Tapi disamping itu aku sangat amazed dengan kemampuan akademiknya, kayak dia hafalannya bagus, udah bisa baca, tulis, hitung, semua gak terpaksa ya. Terus dia sempat juara 1 mewarnai pula karena saat itu ada acara dan diwajibkan ikut lomba, dia cuma ikut satu itu aja, Qadarullah menang :"D. Tapi ya gitu, dia tuh tipe anak introvert cool pendiam gitu di sekolahnya :"D Walaupun begitu ibun tetep bangga banget. Aku lihat dia juga lebih "dewasa", suka nasihatin adeknya dengan lemah lembut, meskipun suka jadi kesel juga kalo adeknya ga nurut (lah kok sama banget kayak aku?? wkw siapa pejuang gentle parenting tapi suka khilaf ? cung! )

2. Baby Eshan Udah 3 Tahun

Jadi ceritanya aku lagi lihat-lihat archived IG story, kangen banget dia bayii, sekarang dia udah 3 tahun lebih loh (postingan terakhir dia usia 4 bulan). Aku kayak kasian aja ni anak gak pernah diceritain. Takutnya memorynya hilang. Dulu jaman Afka, otakku masih "normal", banyak banget yang nyala di otakku dan bisa aku alirkan ke dalam tulisan. Banyak banget bisa baca buku dan sharing di blog atau Instagram. Tapi setelah ada Baby E, itu semua berlalu bergitu aja. Video sih rekam, tapi kayak yaudah gitu aja. Enaknya sih, ya aku enjoying (atau surviving?) hidup aja sih. But to be honest, Eshan ini jadi anak yang sering tidak aku pahami.

Ok, kalau dari pertumbuhan, Baby E ini anak bulet, dulu badannya pas 6 bulan di Primaku pernah sampai overweight padahal full ASI, terus Baby E tuh mulai jalan usia 8 bulan. Kayaknya sih karena dia punya kakak dan dia mau ngejar kakaknya hehe. MPASInya.. sangat sangat sulit haha. Pertama kali itu aku coba dia spoon feeding, karena aku jujur ga kuat mental kalo BLW kayak Afka dulu, aku ingin semua rapih. Turns out dia susah banget makannya huhu monangis deh. Tapi cobain BLW juga kok pokoknya kayak apa aja yang penting makan meskipun dikit-dikit. Makanya skrg udah gak sebulet dulu hehe :"

Dahgitu aja sih. Kalau soal ngomong.. nah kan lupa! Pertama kali dia ngomong kapan ya huhu, maaf ya adek. :"( Tapi kalo dia nyanyi lucu pokoknya. Skrg lagi suka niruin nada Espresso by Sabrina Carpenter karena ibun lagi suka haha. 

Eshan itu anak yang periang, extrovert, dan pelawak. Dia kebalikan banget sama kakaknya yang cool, cenderung pendiam dan observer. Eshan ini anak yang ceplas ceplos, impulsif, yang penting jawab haha. Meskipun begitu dia lebih keras kepala di bandingkan Afka. Padahal aku ngerasa dulu Afka itu mayam agak sulit temperamennya, tapi setelah aku pikir lagi kayaknya lebih ke regulasi emosi sih. Kalau Eshan itu beneran lebih ke strong willed, dia lebih strong willed dari kakakya. PR juga buat aku yang gak boleh selalu ngasih dia apa yang dia mau, karena sekekeuh itu. Setelah punya Eshan, skrg aku mikir, ternyata Afka anaknya penurut dan taat aturan banget haha, kalau aku bilang ga boleh ya dia paham meskipun sakit, ya dia nangis aja tapi gak maksa minta. Sedangkan kalau Eshan harus minta dan maksa sampai dapet. Ngerti kan bedanya? Hahaha yagitudeh, punya anak 180 derajat kepribadiannya.

3. Afka Playtheraphy

Waktu Baby Echan lahir, Afka mengalami sibling blues yang sangat hebat. Dia tantrum berkepanjangan banget. Sayangnya saat itu kondisi mentalku juga sedang buruk-buruknya, dan aku gak bisa membersamai dia meregulasi emosinya di usianya yang 2 tahunan itu. Alhasil, sepertinya dia ada trauma oleh aku juga. Sedih bgt bgt pokoknya. Bahkan kalau iseng ditanya nih, afka mau punya adek lagi? Dia pasti bilang "engga, engga" Jadi plis jangan tanya aku kapan punya anak cewek, karena aku kasian banget sama si kaka. Nah, selain tantrum itu, dia kayak jadi punya insecure attachment sama aku. Dia gak bisa lepas banget dari aku dan takut untuk berbaur segala macem, dan masih susah buat regulasi emosi. Waktu itu krn aku udah 2 kali ke psikolog dan kayak ga jelas harus diapain ni anak, jadilah aku ke Playtheraphy. Jujur aku tuh skeptisan orangnya sekarang haha. Yah tapi gapapa kalo ga ada hasilnya, afka tetep bisa menikmati main di sana. Hasilnya? Alhamdulillah sih, entah karena emang afka yang sudah semakin besar, atau memang jadi bisa lebih regulated. Udah jarang banget nangis jerit-jerit, dan lebih berani. (Awal sesi playtherapy dia nangis dan gak main sama sekali, tapi gak boleh keluar ruangan, hehe.)

4. Aku Bisa Berkebun

Harus banget dicatet karena ini salah satu milestone kehidupanu, hahaha dari kecil jarang megang tanah soalnya. Punya taman di rumah tapi gersang cuma rumput. akhirnya sekarang lebat banget kayak hutan wkw. Jadi awalnya itu abis aku konsul sama psikiater, aku cari kegiatan apa sih yang kayak bisa jadi"terapi" buat aku gitu ya. Nah waktu itu aku cari hobi baru lah ya, awalnya melukis (seru), terus bulelt journaling (seru juga dan very helpful untuk mengorganisir otak aku), nah satu lagi adalah berkebun! (super seru banget). Berkebun ini murah pula, aku baru tau kalo taneman itu harganya bisa cuma 10-15 ribu. Emang sih kayak masih kecil, tapi lumayan banget lho? Tinggal ngidupin aja. Awalnya juga aku gak percaya aku bisa, banyak kok tanaman yang mati, tapi aku ngerasa happy banget kalau bisa ngurus tanaman, dan sekarang tanaman gede-gede semua di aku. Trus aku juga jadi penggemar bunga sampai aku bikin akun foto bunga dan tanaman aku haha. Ada yang terapinya berkebun juga?

5. Aku Berkarir Lagi

Yaa..dari sejak resign habis menikah sebenernya aku selalu dalam posisi cari kerja haha. Tapi akutuh pengennya bukan kerja kantoran. Long story short, aku menemukan kalau passionku itu jadi freelancer. Dari dulu banget aku freelance loh, kayak jadi observer, jadi guru les privat, jadi admin freelance bahkan jadi MUA. Alhamdulillah aku ketemu karir yang cocok banget buat aku. Jujur aku tuh jadi ingat kalau kerja yang bikin aku happy dan excited itu kerja freelance, gatau kenapa selalu happy freelance pergi ke tempat baru dan dapat kerjaan baru meskipun aku introvert tapi suka dengan pengalaman baru. Bonusnya kali ini kerjaku remote, alias di rumah aja, yay! 

6. Aku udah 30 Tahun

Hal yang gak pernah aku skip tulis di blog adalah hari ulang tahun ku dan refleksi tahunan karena ultahku deket tahun baru hehe. Serius biasanya dua hal itu selalu ada tiap tahun untuk bahan reflesksiku, tapi aku udah skip 3 tahun kayaknya. Ya gak apa-apa. Intinya aku bersyukur di usia 30 tahun ini aku ngerasa banyak doa yang kejawab di usia ini. Kayak aku bisa kerja lagi, dan aku happy lagi dan aku merasa aku punya diri yang baru, hehe. I was that navy blue and grey girl, trying to be minimalist. But now I'm confident wearing pink, and kinda find my coquette/princess core. I might as well change this blog theme but I got not time yet. Agak merasa puber juga?! Mulai dandan lagi setelah lama nggak, skin care-an, treatment, dan manjhaa ke suamik (suamik sendiri ya,wkwk). Jujur lagi berusaha menikmati hidup banget, gak banyak bacot di sosmed kayak dulu, dan gak peduli omongan orang hehe.

Quotes from me.

Life's good when you have found yourself again.

Pengen jadi kayak rangorang yang ga pernah bersuara di sosmed tapi selalu ada di views IG story, wkwk. Meskipun susah krn settingan pabriknya doyan nulis, paling skrg rada berantakan aja nulisnya. Yang udah baca sampai sini, makasih ya udah baca ceritaku, semoga tidak menyesal ya. 

Disamping itu I'm okay, but if you hear that I'm pregnant again, you might want to check on me okay? please? LOL

Anyway, this is me, now how about you? Ok? or are you still finding your way? Have you found yourself again?

© Catatan Ibun | Parenting and Mindful Living • Theme by Maira G.